Rabu, 15 Juni 2016

BIOGRAFI SANADA YUKIMURA

Jely Novianti/SAT/IIB

 

A.    Biodata Keluarga Sanada Yukimura

Sanada Yukimura lahir pada tahun 1567.  Sanada Yukimura adalah samurai Jepang. ia anak kedua dari daimyo Sanada Masayuki, kakaknya bernama Sanada Nobuyuki. Pada masa perang saudara/periode Sengoku Sanada Yukimura mengabdi pada klan Takeda. Nama lainnya adalah Sanada Nobushige mengikuti nama adik Takeda Shingen, Takeda Nobushige yang adalah seorang prajurit yang berani dan terhormat.

 

B.     Perang Pertama Sanada Yukimura

Yukimura pertama menunjukkan kehebatannya sebagai prajurit di pertempuran Kawanakajima. Takeda Shingen berangkat untuk menaklukkan Shinano, sementara Uesugi Kenshin berusaha menghalangi. Yukimura ditugaskan menyerang pasukan Uesugi, yang berkemah di puncak Gunung Saijo. Dengan memanfaatkan kabut, Yukimura memimpin sebuah pasukan kecil ke atas gunung, dan menyerang pasukan Uesugi di perkemahan tersebut, kecerdikan Yukimura tersebut membuat para prajurit Kenshin Uesugi . kebingungan dan melarikan diri menuruni gunung ke arah pasukan Takeda yang telah menunggu mereka. Akhirnya pasukan Uesugi harus menerima kekalahan, Uesugi Kenshin kemudia melarikan diri dari pertempuran.

Setelah mengalahkan Uesugi, Shingen Takeda melanjutkan perjalanan ke ibukota, dimana mereka bertemu dengan pasukan Tokugawa, yang dipimpin oleh Ieyasu, di Mikatagahara. Ini adalah pertempuran pertama antara Yukimura vs Tokugawa. Dalam pertempuran tersebut Yukimura membuktikan kehebatannya dengan mengalahkan prajurit paling kuat dari Tokugawa, yaitu Tadakatsu Honda, namun Hanzo Hattori, seorang ninja tangan kanan dari Tokugawa berhasil menyelinap di markas utama dan membunuh Shingen Takeda.

 

C.    Yukimura dan Klan Sanada Menyerah Pada Oda Nobunaga

Tahun 1582, aliansi Oda Nobunaga dan Tokugawa Ieyasu menghancurkan klan Takeda. Karena kekalahan klan Takeda yang merupakan tempat mengabdi klan Sanada membuat klan Sanada pun menyerah Oda Nobunaga. Namun Nobunaga  terbunuh dalam Insiden Honouji,  setelah terbunuhnya Nobunaga ini membuat klan Sanada menjadi independen tanpa tuan. Mereka berturut-turut mengabdi pada klan-klan kuat pada masa itu seperti Uesugi, Hojo, dan Tokugawa.

Tahun 1585, Sanada Yukimura dikirim sebagai sandera untuk klan Uesugi oleh ayahnya, dia tinggal disana dibawah pengawasan Suda Chikamitsu. Setelah kembali, dia menikahi salah seorang anak perempuan Otani Yoshitsugu.

Tahun 1600, Pertempuran Sekigahara meletus antara pasukan barat yang dipimpin Ishida Mitsunari, wali klan Toyotomi dan pasukan timur yang dipimpin Tokugawa Ieyasu. Klan Sanada bergabung dengan Tokugawa dan berperang melawan Uesugi. Di saat pertempuran sedang berlangsung, Mitsunari mengirimkan surat kepada klan Sanada dan mengatakan bahwa posisi Sanada sangat riskan, hal ini membingungkan klan Sanada antara memilih grup barat maupun timur, maka ayahnya Masayuki memerintahkan pasukan untuk mundur bersama Sanada Yukimura dan meninggalkan anak tertuanya Nobuyuki di tangan Tokugawa agar keluarga mereka selamat baik pihak timur ataupun barat yg menang. Tokugawa mengetahui hal ini dan mengatakan pada Nobuyuki bila dia bisa menang maka dia akan di berikan hadiah tanah untuk ayahnya. Hal ini membangkitkan semangat Nobuyuki untuk memenangkan pertempuran.

Dalam perjalanan untuk bergabung dengan ayahnya, Ieyashu Hidetada, anak dari Tokugawa menyerang istana Ueda tempat kediaman Yukimura. Disini Yukimura meraih popularitasnya dalam pertahanan Kastil Ueda dimana dia menahan 40.000 tentara yang dipimpin Tokugawa Hidetada hanya dengan 2000 orang, Tetapi Sanada Yukimura gagal mempertahankan Kastil Ueda dan dalam perperangan ini pasukan barat yang dipimpin Ishida Mitsunari kalah.

 Karena merasa pemenang perang, Tokugawa Ieyasu hampir menghukum mati seluruh klan Sanada karena perlawanan mereka yang keras itu, namun karena memandang Sanad Nobuyuki yang berpihak padanya, dia hanya mengasingkan Sanada Yukimura dan Sanada Masayuki ke Kudoyama, provinsi Kii. Disana, Masayuki meninggal, desas-desus mengatakan dia dibunuh atas perintah Tokugawa Ieyasu.

 

D.    Sanada Yukimura Dalam Pengasingan

Sanada Yukimura dan Ayahnya daimyo Sanada Masayuki yang telah diasingkan ke Kudoyama, Provinsi Kii atas perintah Tokugawa Leyasu. Sanada Yukimura hidup dalam pengasingan selama dua belas tahun, dan dalam masa pengasingan itu juga ayah Sanada Yukimura yaitu daimyo Sanada Masayuki meninggal dunia, menurut desas-desusnya bahwa daimo Masuki Sanada dibunuh atas perintah Tokugawa leyasu yang sejak awal ingin membunuh seluruh Klan Sanada yang telah melawannya dengan keras.

 

E.     Sanada Yukimura Membantu Klan Toyotomi

Duabelas tahun kemudian, hubungan antara klan Tokugawa dan Toyotomi mulai memanas kembali, Ieyasu merasa Toyotomi Hideyori yang telah menginjak usia dewasa menjadi ancaman baginya. Klan Toyotomi sendiri juga mulai menghimpun kekuatan kembali untuk membalas kekalahan di Sekigahara. Klan Toyotomi mulai merekrut para ronin/ samurai tak bertuan untuk menghadapi Tokugawa.

Tahun 1614, Yukimura meloloskan diri dari Kii dan mengabdikan diri pada Toyotomi. Musim dingin tahun itu, Kastil Osaka kediaman Toyotomi dikepung. Yukimura memperkuat pertahanan di sebelah selatan kastil yang lemah, dari sini dia bertempur dengan pasukan Tokugawa dengan menggunakan senjata api. Pasukannya yang berjumlah 7000 orang bertahan dengan gigih menahan 10.000 pasukan Tokugawa selama sebulan.

 Menghadapi situasi ini, Tokugawa menawarkan negosiasi damai. Hideyori menerima negosiasi ini, sehingga hal ini akan memberi kesempatan bagi Tokugawa untuk menghimpun kekuatan untuk mengadakan penyerangan lagi yang lebih dahsyat pada tahun berikutnya.

 

F.     Pertempuran Musim Panas Osaka

Tahun selanjutnya, dalam Pertempuran Musim Panas Osaka, Yukimura tidak lagi bertempur secara defensif, kali ini dia melancarkan penyerbuan berskala besar langsung ke posisi penting pasukan musuh. Serbuannya begitu dahsyat sehingga beberapa kali berhasil menerobos kemah utama Tokugawa. Bahkan konon kabarnya Tokugawa sendiri hampir melakukan bunuh diri karenanya, namun cerita ini sepertinya hanya dramatisasi saja.

Yukimura sempat menerobos kemah utama sebanyak tiga kali dan hampir mendekati Tokugawa dalam jarak beberapa meter saja. Dalam kepungan pasukan Tokugawa dia bertempur dengan gagah berani. Namun dia harus tumbang karena jumlah pasukan musuh yang demikian banyaknya, tubuhnya sudah lelah dan penuh luka. Dalam kondisi penuh luka seperti itu, dia membuka helmnya dan berteriak ke arah musuh-musuhnya "Aku Sanada Yukimura, seorang musuh yang sepadan dengan kalian, namun aku sudah terlalu lelah untuk bertempur !" sementara pasukan musuh lain tercengang, seorang prajurit Tokugawa bernama Nishio Nizaemon menerjang ke arahnya dan mengakhiri hidupnya.

 

G.    Sanada Yukimura Pemimpin Ninja

Yukimura adalah seorang jago pedang, ahli strategi dan jendral berbakat yang disegani kawan maupun lawan. Tokugawa sendiri mengaguminya dan memendam rasa takut padanya hingga ajalnya. Kematiannya yang heroik membuatnya dianggap sebagai prajurit terhebat. Dia seringkali dijuluki pahlawan yang muncul setiap seratus tahun sekali. Legenda mengatakan dia juga anggota salah satu perkumpulan ninja dan mempunyai sepuluh bawahan yang dikenal sebagai Sepuluh Pendekar  Sanada/JyuuYuushi. 10 orang prajurit ninja adalan Yukimura Sanada adalah:

 

1.      Sasuke Sarutobi

Dia dianggap yang terbaik diantara 10 JyuuYuushi lainnya. Banyak yang mengatakan dia meninggal saat perjalanan ke Osaka. Sasuke Sarutobi adalah ninja Koga dan Kirigakure Saizo temannya berasal dari Iga. Ketika mereka berdua bertemu menjadikan mereka saingan sejati setelah direkrut oleh Yukimura Sanada. Saingan ini disebabkan adanya saingan antar desa ninja (Koga – Iga).

Sarutobi, berarti "lompatan monyet", yang ditulis menggunakan 2 kanji ; saru (karakter monyet) dan tobi ( artinya lompatan) . dia dikenal dengan kelincahan dan kecepatan monyet khususnya di pohon2. Banyak legenda yang mengatakan dia diasuh oleh sekelompok monyet, yang membuatnya bisa mempunyai skill seperti monyet. Ketika muncul bersama Kirigakure Saizo dia sangat kontras dengan saingannya yang biasanya elegan dan melakukan tebasan yang bersih, dan kemampuan menggunakan sihir.

 

2.      Kirigakure Kaizo

Saizo adalah seorang ninja dari klan Iga yang ahli dalam Iga ninjutsu. Nama Kirigakure secara harfiah berarti "Kabut Tersembunyi", dengan artian bahwa Saizo sering dikaitkan dengan kabut dan ilusi sihir. Penampilan Saizo dalam beberapa media biasanya muncul sebagai karakter yang tenang, elegan, dewasa, tampan dan kadang-kadang sebagai orang muda yang sedikit feminim, dia merupakan orang terdekat bagi Yukimura setelah Sarutobi.

 

3.      Yuri Kamanosuke

Kamanosuke adalah seorang pendekar wanita yang memiliki senjata pisau besar pada kedua tangannya, Pada cerita Kamanosuke dia melegenda karena kesetiaannya pada Yukimura sampai akhir hayatnya.

 

4.      Miyoshi Sekai

Miyoshi Sekai adalah salah satu dari yang terbaik di klan Sanada. Dia dapat menyerang sendiri atau menggabungkan dengan saudaranya, Miyoshi Isa. Bersama-sama mereka membentuk duet mengerikan mampu menggabungkan serangan mereka. Mereka juga dapat membentuk ke dalam satu tubuh/menjadi satu bagian.

 

5.      Miyoshi Isa

Miyoshi Isa adalah saudara kembar dari Miyoshi Sekai, Dia dapat menyerang sendiri atau menggabungkan dengan saudaranya, Miyoshi Sekai. Pada cerita Miyoshi Isa, dia terkenal karena menyelamatkan Yukimura pada saat hendak di khianati oleh Ieasu Tokugawa.

 

6.      Anayama Kosuke

Anayama Kosuke adalah seorang ninja wanita yang biasa dipanggil Yukumura Sanada kedua, karena dia bertugas hanya untuk menyamar sebagai Yukimura. Dia tidak terlalu hebat dalam hal bertarung, tetapi kosuke memiliki kemampuan menyamar yang luar biasa.

 

7.      Kakei Jozu

Kakei Jozu adalah seorang ninja kepercayaan Yukimura dalam mengintai, karena dia memiliki kemampuan dalam mengontrol bentuk tubuhnya. Pada cerita legenda, dia berperan besar dalam menyatukan Klan Tokugawa.

 

8.      Mochizuki Rokurou

Mochizuki Rokurou adalah ninja yang memiliki pengetahuan dan taktik yang sangat tinggi. Dia merupakan orang dibelakang layar yang membuat Sanada JyuuYuushi tercatat pada sejarah jaman Edo di Jepang.

 

9.      Unno Rokuro

Unno Rokuro adalah generasi ketiga dari klan Unno yang mengabdi pada klan Sanada. Dia merupakan orang yang sangat loyal kepada Yukimura, Pada cerita legenda, dia memberikan nyawanya kepada Yukimura dengan menjadi mata-mata pada saat perang di Osaka, walaupun dia terbunuh karena terbunuh karena diketahui oleh pihak lawan, kematiannya tidak sia-sia karena klan Sanada berhasil memenagkan perang berkat informasinya.

 

10.  Nezu Jinpachi

Nezu Jinpachi adalah murid dari Sarutobi, dia merupakan ninja yang memiliki tipe sama dengan Sarutobi. Pada cerita legenda, Jinpachi memberikan nyawanya dengan mengabdi pada Yukimura hingga akhir hayatnya.

 

DAFTAR PUSTAKA:

Ø  https://id.wikipedia.org/wiki/Sanada_Yukimura
Ø  http://bagusseven.blogspot.co.id/2012/07/genal-legenda-pendekar-jepang-yukimura.html
Ø  http://historyofjapanesewarriors.blogspot.co.id/2010/01/warriors-of-japanese-in-past.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar