SISTEM PENDIDIKAN LAOS

Muhammad Nanda Nirmawan

 

Laos merupakan salah satu dari tiga wilayah yang disebut Indo-China, disamping Vietnam dan Kampuchea yang disamping berdekatan dari aspek geografis, juga mempunyai banyak pertalian sejarah dan kebudayaan. Sehingga pembicaraan satu wilayah Indo-China, biasanya sekaligus membicarakan ketiganya.

Nama Resmi negara Laos adalah Sathalanalat Paxathipatai Paxaxon Lao (bahasa Laos) dalam Bahasa Prancis Republique Democratique Populaire Lao.  Bentuk negaranya adalah Republik Demokratik dengan Kepala Negara adalah Presiden. Laos mempunyai luas wilayah 236.800 km2 bila diandaikan dengan pulau di Indonesia kira-kira sekitar 2/3 dari pulau Sumatera dengan penduduk tahun 1993 sebanyak 4,6 juta jiwa. Bahasa resmi adalah Lao, Prancis, Inggris. Beribukota di Vientiane.

Selama masa kolonial Perancis Undang – Undang 1917 tentang pendidikan disahkan oleh pemerintah kolonial Perancis memperkenalkan sistem pendidikan umum untuk wilayahnya Indocina model longgar dibawa dari Perancis. Namun, beberapa sekolah dasar relatif dan hanya satu sekolah menengah (yang Pavie Lycée) yang kemudian dibangun oleh pemerintah Prancis di Laos, dan

sebagian besar negara elit dilatih di Ha Noi, Sài Gòn atau Perancis..Setelah tahun 1955, dengan bantuan Amerika, Royal Laos Pemerintah mulai membangun sekolah dasar dan menengah di pusat-pusat utama penduduk. Pendidikan tinggi datang ke Laos mulai 1958, ketika Sisavangvong University didirikan di Vientiane.

 Pada tahun 1987 tujuan pendidikan yang dirancang ulang dalam konteks pembangunan ekonomi secara keseluruhan dan selaras dengan Mekanisme Ekonomi Baru, mengakui pendidikan sebagai pendorong dalam pembangunan sosial-ekonomi dan memberikan prioritas untuk pengembangan sistem pendidikan yang dapat menyediakan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan oleh ekonomi modern. Sejak saat itu telah terjadi perbaikan dalam sistem pendidikan pada semua tingkatan, meskipun seluruh negeri sektor ini terus terhambat oleh kekurangan sumber daya manusia, staf pengajar di bawah-kualifikasi, kurikulum yang tidak memadai, fasilitas bobrok dan kurangnya peralatan mengajar.

Sistem pendidikan umum di Laos terdiri dari pendidikan pra-sekolah (penitipan bayi dan TK), pendidikan dasar (lima tahun), pendidikan menengah rendah (tiga tahun) dan pendidikan menengah atas (tiga tahun). Sekolah swasta dan perguruan tinggi telah mendorong sejak tahun 1990.

B.     SISTEM PENDIDIKAN LAOS

Sebagai hasil dari pengaruh kolonial Perancis, Lao PDR mengikuti kalender akademik Barat, September hingga Juni. Setelah keberhasilan revolusi tahun 1975, Laos menjadi bahasa pengantar di semua tingkat pendidikan Dalam struktur saat ini pendidikan Laos, pendidikan dasar selama lima tahun (wajib), diikuti oleh tiga tahun menengah rendah, tiga tahun menengah atas, dan kemudian tiga sampai tujuh tahun pendidikan postsecondary, tergantung pada bidang studi. Sementara anak-anak dapat mulai sekolah dasar pada usia enam, usia tujuh modal sebenarnya, kecuali beberapa wilayah perkotaan. Sebuah kurikulum nasional bersatu standar yang digunakan, dan penggunaan teknologi modern dalam pendidikan Lao sangat terbatas.

 

1.      PENDIDIKAN PREPRIMARY & DASAR

Preprimary pendidikan untuk anak usia 3-5 adalah tanggung jawab orang tua masing-masing. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan anak-anak untuk sekolah dasar. Saat ini hanya sekitar delapan persen dari anak-anak dalam kelompok usia ini terdaftar di sekolah preprimary.

Sehubungan dengan lima tahun pendidikan dasar wajib, masalah infrastruktur dasar batas sekolah dasar sehingga hanya 34,8 persen dari mereka dapat menawarkan lima tahun lengkap. Meskipun tingkat pendidikan adalah "wajib," kira-kira 25 persen dari anak-anak tidak terdaftar. Sekitar 30 persen desa tidak memiliki sekolah dasar dan, dari 1000 siswa mulai pendidikan dasar hanya 20,5 persen bertahan hidup sampai lima kelas tanpa pengulangan. Termasuk pengulangan, 34,7 persen lainnya bertahan sampai lima kelas. Secara keseluruhan, pada 1996-1997, hanya 13,9 persen dari pemuda Lao telah menyelesaikan pendidikan dasar. Ada perbedaan yang signifikan di seluruh provinsi sehubungan dengan akses ke pendidikan dasar, akses terendah di daerah pegunungan terpencil dengan populasi besar etnis minoritas.

 Kurikulum pendidikan dasar Lao dasar di kelas satu sampai lima termasuk bahasa Lao, matematika, ilmu sosial, pendidikan fisik, musik, dan kerajinan. Dari 23 hingga 25 jam yang dihabiskan di kelas, 33 sampai 50 persen dari waktu yang dikhususkan untuk studi bahasa. Matematika instruksi meningkat dari tiga sampai enam jam dari kelas satu sampai enam. Studi Sosial instruksi sekitar dua sampai tiga jam, dan waktu yang tersisa digunakan untuk pendidikan fisik, musik, dan kerajinan.

 

2.      PENDIDIKAN NON FORMAL

Dengan tingkat melek huruf keseluruhan hanya 57 persen di Laos, pendidikan nonformal memegang peranan penting. Dikelola oleh Departemen Pendidikan nonformal di Departemen Pendidikan, pendidikan nonformal ditargetkan untuk melayani buta huruf, anak-anak usia sekolah yang tidak dapat belajar di sekolah formal, dan putus sekolah yang ingin meningkatkan tingkat pendidikan mereka.Untuk meningkatkan pendidikan nonformal, komunitas pusat pembelajaran, bersama dibiayai oleh pemerintah pusat dan masyarakat lokal telah diperkenalkan, hampir 170 telah didirikan di seluruh negeri.

3.      PENDIDIKAN INKLUSIF

Reformasi Pendidikan Guru dan Pendidikan Inklusif Pada awal tahun 1990-an, Laos mengalami reformasi sistem pendidikannya dengan memperkenalkan metode pengajaran yang aktif dan terfokus pada diri anak untuk meningkatkan kualitas tetapi biayanya tetap rendah, dalam upayanya untuk mendidik semua anak. Memberikan pendidikan kepada anak penyandang ketunaan merupakan bagian dari tujuan PUS tingkat nasional, dan program perintis pendidikan inklusif berhasil karena sepenuhnya dikaitkan dengan reformasi sistem.Reformasi metodologi mengajar dan pendidikan guru, disertai dengan kurikulum yang relevan telah melancarkan jalan bagi integrasi Laos tidak memiliki sekolah khusus untuk anak penyandang ketunaan yang merupakan keuntungan yang sangat besar bagi Kementrian Pendidikan karena dengan demikian dapat membangun sistem yang menjangkau semua anak. Pengalaman Program pendidikan inklusif di Laos telah menunjukkan bahwa dengan perencanaan yang seksama, implementasi, monitoring dan dukungan yang tepat, dan dengan menggunakan semua sumber yang ada, dua tujuan sekaligus, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan untuk semua dan mengintegrasikan anak penyandang ketunaan, dapat berjalan selaras.

4.      PROFESI PENGAJARAN

Untuk memenuhi syarat untuk mengajar di tingkat menengah atas, siswa perlu memiliki gelar sarjana dari Fakultas Pendidikan di NUOL (15 tahun dari total sekolah).Untuk mengajar di tingkat menengah, mereka harus menyelesaikan setidaknya 14 tahun bersekolah dengan diploma dari 1 dari 5 perguruan tinggi pelatihan guru.Untuk mengajar di tingkat sekolah dasar, mereka membutuhkan diploma dari 1 dari 9 perguruan tinggi guru atau sekolah dan pelatihan harus memiliki 11 sampai 12 tahun dari total sekolah.Kurangnya guru yang berkualitas telah menjadi suatu hambatan yang besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Laos.peluang baru dan menarik sektor swasta, sulit untuk menarik siswa untuk bidang pengajaran. Siapapun sebenarnya mengajar di kelas tidak menerima 10 persen bonus layanan sipil.Meskipun insentif ini, kekurangan guru serius pada tingkat menengah mungkin.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, in-service pelatihan guru yang sudah ada sangat penting.Pelatihan tersebut disediakan terutama oleh Departemen Pelatihan Guru, Lembaga Riset Nasional Pendidikan Sains, dan Pusat Pengembangan Guru (TDC) dari NUOL. Pada pertengahan 1990-an sebuah pedagogi baru yang diperkenalkan oleh Departemen Pendidikan untuk menjauh dari menghafal hafalan tradisional untuk mengetik lebih aktif, pengalaman, dan pemecahan masalah, siswa yang berpusat pada siswa. TDC pelatihan dan pengembangan teks terkait telah menekankan pedagogi inovatif seperti.Pada tahun 1998 reformasi besar meningkatkan efisiensi dengan mengkonsolidasikan 59 sekolah pelatihan guru kecil menjadi 9 lembaga yang lebih besar.

 

5.      TANTANGAN PEMBANGUNAN DAN SISTEM PENDIDIKAN

Populasi Laos sebesar 4,9 juta etnis dan bahasa yang beragam, termasuk lebih dari 47 kelompok etnis dan linguistik. kehadiran Sekolah, melek huruf, dan indikator pencapaian pendidikan lainnya sangat bervariasi di antara kelompok etnis yang berbeda. Data sensus tahun 1995 menunjukkan bahwa 23 persen dari Laos pernah pergi ke sekolah dibandingkan dengan 34, 56, dan 67 persen untuk Phutai, Khmu, dan Hmong. Di antara dua kelompok etnis terkecil, 94 persen dari Kor dan 96 persen dari Musir pernah bersekolah.Kualitas instruksi cenderung menjadi miskin, dan hampir setengah dari mereka yang masuk tidak melengkapi siklus Primer.Lao, bahasa resmi dan pembelajaran, adalah bahasa pertama sekitar 50 persen dari populasi.Anak-anak dari rumah-rumah di mana Lao tidak diucapkan masuk sekolah dengan cacat yang signifikan, kondisi sebagian akuntansi untuk tingkat putus sekolah tinggi. Mengubah bahasa pengantar akan menjadi masalah yang kompleks, namun langkah yang bisa diambil oleh sekolah untuk membantu murid berbicara non-Laos.

Kualitas pedesaan Laos berimplikasi penyediaan pendidikan sebagai urbanisasi memfasilitasi pengiriman pendidikan. Hal ini lebih mahal untuk menyediakan sekolah untuk setiap desa kecil daripada membangun sejumlah kecil sekolah di kota-kota besar.Perbedaan-perbedaan desa-kota bahkan lebih signifikan untuk penyediaan sekolah menengah, teknis atau kejuruan diberikan biaya unit yang lebih tinggi yang terlibat. Kuantitas dan kualitas sekolah dipengaruhi oleh struktur demografis dan sangat sensitif terhadap ukuran kohort usia sekolah. Populasi sangat muda Laos menempatkan beban berat pada sekolah dan, pada saat yang sama, rasio ketergantungan yang tinggi memberikan kontribusi terhadap produktivitas nasional rendah. keluarga besar kekuatan pilihan sebagai mana anak-anak pergi ke sekolah, cenderung untuk menekan pendaftaran perempuan dan secara tidak langsung mengurangi jumlah kesempatan berikutnya untuk anak perempuan dalam pendidikan dan di pasar tenaga kerja.

Sistem pendidikan sangat menghambat berkembang di bawah kondisi yang tidak cukup disiapkan dan buruk dibayarkan guru, dana tidak cukup, kekurangan fasilitas, dan sering tidak efektif dari alokasi sumber daya yang terbatas yang tersedia. Ada yang signifikan geografis, etnis, gender dan perbedaan kekayaan dalam distribusi pelayanan pendidikan, dan kesenjangan yang ada di setiap tingkat sistem.

 

Daftar Pustaka

Tirtarahardja, Umar dan Lasulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Nawawi,

http://www.slideshare.net/dianasaridin/pend-komparatif-laos

http://ferisyanurfitriana.blogspot.co.id/2013/01/pola-kebijakan-pendidikan-dasar-dan.html

http://melayuonline.com/ind/directories/dig/328/pendidikan-di-laos

http://brainly.co.id/tugas/1877835p://www.idp-europe.org/eenet-asia/eenet-asia-6-ID/page34.php    

 

No comments:

Post a Comment